Avatar-2: The Way-of-Water

Avatar-2: The Way-of-Water Masuk Nominasi Golden Globe Awards 2023

 

Meski Avatar-2: The Way-of-Water sudah diprediksi akan mengisi ruang-ruang nominasi ajang penghargaan, tetapi kemunculan film ini di nominasi Golden Globe Awards 2023 tetap saja menjadi kejutan. Faktanya, nominasi film ini muncul ketika film milik James Cameron ini belum tayang di layar lebar dan cuma baru tersedia untuk sesi jurnalis. Malahan premier malahan baru di helat 12 Desember 2022, beriringan dengan pengumuman nominasi.

 

Satu sisi memang Golden Globe Awards 2023 di helat oleh asosiasi jurnalis asing di Hollywood. Namun mengingat ada film yang lebih dulu rilis dibanding Avatar 2 dan punya peluang yang sama, keputusan memasukkan Avatar 2 terang jadi pertanyaan.

 

Pertanyaannya justru bukan untuk kwalitas film ini, tetapi apakah HFPA selaku penyelenggara Golden Globe Awards 2023 punya standar yang terang dan di lakukan dengan ketat untuk film yang dapat jadi nomine? Atau cuma sekadar takut tertinggal dari hype Avatar?

 

Baca Juga: Tilang Manual di Berlakukan Lagi.

 

Kisah Pertempuran Bangsa Na’vi dengan Manusia Berlanjut di Avatar 2

 

Review Film Avatar-2: The Way-of-Water

 

13 tahun setelah Avatar (2009) menjadi fenomena, kisah kelanjutannya hadir dalam Avatar: The Way of Water. Avatar 2 melanjutkan kisah bangsa Na’vi yang masuk babak baru usai Jake Sully (Sam Worthington) jadi komponen mereka. Film ini kembali di sutradarai James Cameron dan dibintangi sederet pemeran film pria yang sebelumnya tampil dalam film pertama, termasuk Zoe Saldana hingga Stephen Lang.

 

Kehidupan mereka pun berlalu penuh kedamaian selama tinggal di hutan. Jake dan Neytiri mengajarkan buah hati-anaknya kemampuan bertahan hidup, mulai dari berburu hingga mengendarai Ikran yang seperti naga.¬†Ketentraman itu sayangnya tak berlangsung lama sebab umat manusia lewat Resource Development Administration (RDA) kembali datang untuk mengambil alih Pandora. Mereka memiliki misi untuk menangkap Jake Sully yang menjadi sosok kunci di balik konfrontasi bangsa Na’vi.

 

Avatar-2: The Way-of-Water Misi Buruk Manusia Atas Suku Na’vi

 

RDA malahan menjalankan sejumlah terobosan dalam misi kali ini, salah satunya memanfaatkan program Avatar untuk membuat satuan elite. Tim elite itu di pimpin oleh Colonel Miles Quaritch (Stephen Lang) yang ‘di hidupkan’ kembali dalam tubuh Na’vi. Kedatangan umat manusia langsung menghadirkan ancaman dan ketakutan besar bagi klan Omaticaya. Kondisi ini juga semakin membuat Jake Sully terpojok karena harus melindungi bangsa Na’vi dan keluarganya.

 

Dia akibatnya mengajak Neytiri dan buah hati-anaknya untuk keluar dari Omaticaya. Mereka memastikan pergi menuju bangsa laut alias Metkayina, daerah yang di rasa tepat untuk mengasingkan diri dari kejaran manusia. Namun ancaman manusia kongkretnya belum berhenti, meskipun Jake Sully dan keluarga sudah melarikan diri. Mereka kini berhadapan dengan serangan para penjajah dalam situasi yang sulit dan penuh tantangan.

 

Avatar: The Way of Water adalah film kedua dari saga Avatar garapan James Cameron. Saga ini di proyeksi akan merilis sampai lima film yang tayang dalam sebagian tahun akan datang. Sederet aktor dari film pertama kembali bergabung dalam Avatar 2, seperti Sam Worthington, Zoe Saldana, Sigourney Weaver, sampai Stephen Lang. Selain itu, film ini juga dibintangi sejumlah aktor baru lainnya. Sebut saja Kate Winslet, Cliff Curtis, Edie Falco, Brendan Clower, Britain Dalton, Jamie Flatters, sampai Jack Champion.